Rabu, 10 Juli 2013

Makalah Tafsir Tentang Manusia



BAB II
PEMBAHASAN AYAT
A.    Makna QS. Al- Isra ayat 70 dan QS. Al- Imran ayat 102
·         Teks dan terjemahan ayat
QS. Al-Isra ayat 70
تَفْضِيلًاخَلَقْنَا مِّمَّنْ كَثِيرٍ عَلَىٰ وَفَضَّلْنَاهُمْ الطَّيِّبَاتِ مِّنَ زَقْنَاهُم وَرَ وَالْبَحْرِالْبَرِّ فِي وَحَمَلْنَاهُمْآدَمَ بَنِي كَرَّمْنَا وَلَقَدْ
Kami telah memberi kehormatan kepada anak-anak Adam, Kami lengkapi mereka dengan sarana angkutan di darat dan di laut; Kami beri mereka rezeki dari segala yang baik, dan Kami utamakan mereka melebihi sebagian besar makhluk yang Kami ciptakan. (QS. Al- Isra:70)
                                                   
QS. Al-Imran ayat 102

مُّسْلِمُوْنَ وَأَنْتُمْ إِلَّا تَمُوْتُنَّ وَلَا تُقَاتِهِ،  حَقَّ اللهَ اتَّقُوْا امَنُوا ينَ الَّـذِ يَـآءَيُّها

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya. Janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.”(QS.Ali-Imran:102)
B.     Makna mufradat

Ø  Makna Mufradat QS. Al-Isra ayat 70

Kata (كَرَّمْنَا) karramna terambil dari akar kata yang terdiri dari huruf-huruf kaf, ra, dan mim, yang mengandung makna kemuliaan, serta keistimewaan sesuai objeknya.
Terdapat perbedaan antara (فَضَّلْنَا)  fadhdhalna dan (كَرَّمْنَا) karramnaa. Yang pertama terambil dari kata (fadhalaa) fadhl, yakni kelebihan dan ini mengacu kepada “penambahan” dari apa yang sebelumnya telah dimiliki secara sama oleh orang-orang lain. Rezeki misalnya dijamin dan dianugerahkan Allah kepada semua makhluk. Kelebihan rezeki kepada seseorang menjadikan ia memiliki melebihi rezeki yang diberikan-Nya kepada orang lain dan ia mengakibatkan terjadinya perbedaan antara seseorang dengan yang lain dalam bidang rezeki. Adapun yang kedua, yakni karramnaa, maka seperti dikemukakan di atas, ia adalah anugerah berupa keistimewaan yang sifatnya internal. Dalam konteks ayat ini manusia dianugerahkan Allah keistimewaan yang tidak dianugerahkan-Nya kepada selainnya dan itulah menjadikan manusia mulia serta harus dihormati dalam kedudukannya sebagai manusia. Anugerah-Nya itu untuk semua dan lahir bersama kelahirannya sebagai manusia, tanpa membedakan seseorang dengan yang lain. Inilah yang menjadikan Nabi Muhammad saw. Berdiri menghormati jenazah seorang Yahudi, yang ketika itu sahabat-sahabat Rasul saw menanyakan sikap beliau itu, Nabi saw menjawab: “Bukankah yang mati itu juga manusia?”.
Ø  Makna mufradat QS. Al-Imran ayat 102
Istilah dan penggunaan kata (اللهَ اتَّقُوْا). takwa selalu diawali atau bergandengan dengan kata ”iman”, seperti surat Ali Imran/3:102 di atas, juga perintah puasa. Ini menunjukkan bahwa orang bisa melaksanakan ketakwaan karena atas dasar keimanannya. Sehingga, dalam konteks ketakwaan inilah maka kita bisa memahami, mengapa keimanan sesorang bisa bertambah dan berkurang. Untuk itu, dengan beriman dan bertakwa, Allah menjanjikan hilangnya ketakutan dan kekhawatiran untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya dan kata (مُّسْلِمُوْنَ وَأَنْتُمْ) yang berarti janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Islam. Artinya seluruh wujud kita harus sudah menyatu dengan Islam, bukan hanya sekedar dilapisi atau menampakkan diri ke luar saja.

C.     Munasabah
Munasabah QS. Al-Isra ayat 70 dengan ayat sebelumnya adalah dijelaskan bahwa sesudah itu Allah SWT menjelaskan bahwa Dia berkuasa pula untuk mengembalikan orang-orang yang mengingkari nikmat-nikmat Allah itu ke lautan kembali, setelah mereka merasa aman di darat Allah SWT menyatakan bahwa apakah mereka itu merasa aman dari bencana yang akan menimpa mereka di lautan setelah mereka sampai ke daratan. Allah berkuasa untuk mengembalikan mereka ke lautan sekali lagi, dengan mengirim angin topan yang sangat dahsyat, lalu angin itu menyapu mereka dari daratan, sehingga mereka akan menenggelamkan mereka sebab pembangkangan mereka itu dan pada saat-saat mereka mengalami musibah yang sangat dahsyat itu mereka tidak akan mendapatkan seorangpun yang dapat menolong untuk melepaskan mereka dari siksa Allah. Kemudian di ayat 70 dijelaskan bahwa Allah telah memuliakan Adam dengan raut muka yang indah, potongan yang serasi dan diberi akal agar dapat menerima petunjuk untuk berbudaya dan berpikir guna mencari keperluan hidupnya, mengelola kekayaan alam dan menciptakan alat pengangkut di darat, di lautan maupun di udara. Dan Allah telah memberikan rezeki yang baik-baik kepada mereka itu, yang terdiri dari makanan yang di dapat dari tumbuh-tumbuhan dan binatang. Dan di akhir ayat Allah SWT menegaskan bahwa Dia telah melebihkan mereka itu dengan kelebihan yang sempurna dari kebanyakan makhluk lain yang diciptakan-Nya.
Munasabah QS. Al-Imran ayat 102 dengan ayat sebelumnya dijelaskan bahwa mengapa kaum Muslimin mengingkari Allah dan mengikuti mereka ahli kitab itu, padahal mereka telah mendengar ayat-ayat Allah yang dibacakan kepada mereka dan ayat-ayat itu adalah sumber petunjuk yang mengandung segala macam kebaikan dan selalu menganjurkan supaya memelihara keimanan, sedang Rasulullah saw sendiri masih berada di tengah-tengah mereka sebagai lambang kebenaran, kebaikan dan persaudaraan. Maka pantaskah orang-orang mukmin yang telah diberi anugerah oleh Allah sedemikian besarnya mengikuti segolongan orang yang sudah ternyata sesat sebelumnya dan menyesatkan pula orang banyak dan tetap tersesat dari jalan yang lurus ?oleh karena itu, hendaklah seorang mukmin berpegang teguh kepada ajaran Allah dan Rasul-Nya. Dengan demikian, akan terpelihara mereka dab selalu berada dalam lingkunganhidayah-Nya dan tidak akan sesat untuk selama-lamanya sertta tidak akan merasa takut. Kemudian di ayat selanjutnya yaitu ayat 102 bahwa Allah kembali menyerukan kepada kaum muslimin. Bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benar takwa dengan memenuhi segala daya dan kemampuan untuk melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya secara keseluruhan dan jangan sekali-kali mati melainkan dalam keadaan memeluk agama Islam.

D.    Asbab Nuzul
Asbab Nuzul QS. Al Imran ayat 102
Sebab-sebab turunnya surat ini yaitu pada zaman jahiliyah sebelum Islam ada dua suku yaitu; Suku Aus dan Khazraj yang selalu bermusuhan turun-temurun selama 120 tahun, permusuhan kedua suku tersebut berakhir setelah Nabi Muhammad saw mendakwahkan Islam kepadda mereka, pada akhirnya Suku Aus; yakni kaum Anshar dan Suku Khazraj hidup berdampingan secara damai dan penuh keakraban.
Suatu ketika Syas Ibn Qais seorang Yahudi melihat Suku Aus dengan suku Khazraj duduk bersama dengan santai dan penuh keakraban, padahal sebelumnya mereka bermusuhan, Qais tidak suka melihat keakraban dan kedamaian mereka, lalu dia menyuruh seorang pemuda Yahudi duduk bersama Suku Aus dan Khazraj untuk menyinggung perang “Bu’ast”, yang pernah terjadi antara kedua suku tersebut lalu masing-masing suku terpancing dan mengagungkan sukunya masing-masing, saling caci maki dan mengangkat senjata dan untung Rasulullah saw yang mendengar peristiwa tersebut segera datang dan menasehati mereka. Apakah kalian termakan fitnah jahiliyah itu, bukankah Allah telah mengangkat derajat kamu semua dengan agama Islam dan menghilangkan dari kalian semua yang berkaiatan dengan jahiliyah?. Setelah mendengar nasehat Rasul, mereka sadar, menangis dan saling berpelukan. Sungguh peristiwa itu adalah seburuk-buruk sekaligus sebaik-baik peristiwa. Demikian asbab nuzul QS.Al-Imran ayat 102 menurut sahabat Rasul.

E.     Kandungan Ayat

Ø  QS. Al-Isra ayat 70
Manusiamerupakan makhluk ciptaan Allah yang diberi kelebihan serta keistimewaan. Dalam penciptaan manusia dianugerahi akal, rupa yang indah dan bentuk badan yang serasi. Hal ini tentu saja menjadi keutamaan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Dalam konteks ayat diatas, Allah memuliakan Bani Adam yaitu manusia.  Kelebihan-kelibihan manusia dari makhluk lain berupa fisik maupun non fisik. Manusia dianugerahi Allah keistimewaan yang tidak diberikan kepada selainnya dan itulah yang menjadikan manusia mulia serta harus dihormati walaupun ia telah menjadi mayat. Darah, harta dan kehormatan manusia tidak boleh dialirkan dan dirampas begitu saja, semua harus dihormati dan dimuliakan.
Sungguh besar rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Tak ada sedikitpun yang kurang dari anugerah-Nya. Allah telah menyediakan semua yang dibutuhkan makhluk-Nya sehingga manusia tidak mampu menghitung atas apa yang Allah karuniakan kepadanya. Bahkan makhluk selain manusia seperti hewan melata di muka bumi mendapat rezeki tanpa mengalami masalah dan kekurangan.
Untuk mendapatkan rezeki dari Allah, tentu saja manusia juga harus berusaha dengan sungguh-sungguh. Rezeki itu tidak datang dengan sendirinya, perlu daya dan uapaya untuk memperolehnya dengan doa dan tawakkal. Dalam pemanfaatannya pun harus disertai rasa syukur dan senantiasa mengharap ridho-Nya.
Allah juga menundukkan segala sesuatu yang ada di darat maupun di laut untuk memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Manusia diberi petunjuk untuk menciptakan sarana transportasi untuk memenuhi kebutuhannya. Jika kita lihat di zaman modern ini, manusia tidak perlu berjalan kaki untuk melintasi daratan, tidak perlu berenang untuk mengarungi luasnya samudera karena semua itu dapat ditempuh dengan menggunakan berbagai macam alat transportsai dari yang biasa saja maupun yang super canggih sekalipun.
Kemuliaan dari manusia dapat dibuktikan dengan tujuan diciptakannya yaitu khalifah fil ardh. Mengemban tugas sebagai khalifah di muka bumi tentu saja tidak mudah. Dalam hal ini, manusia harus memelihara keseimbangan lingkungan hidup dan lingkungan sosial. Untuk proses pemeliharaan tersebut harus berfikir dan mengerahkan seluruh kemampuannya, maka dari itu Allah anugerahkan kepada manusia akal yang mampu menyerap pengetahuan serta memecahkan sesuatu persoalan.
Ø  QS. Al- Imran ayat 102
Segala kesempurnaan seperti keimanan, pengetahuan dan ketakwaan memiliki tingkatan-tingkatan. Ada tahap-tahap elementer dan tahap-tahap yang lebih tinggi daripada itu, sampai dengan kesempurnaan absolut. Misalnya, kita membaca al-Quran yang menyatakan, wahai tuhan, tingkatkanlah pengetahuanku![1] Atau dalam Makarimul Akhlaq, sebuah (kitab) doa, kita memohon kepada Tuhan, dengan membaca, “Wahai Tuhan!. Perluaslah keimananku menjadi keimanan yang sempurna.”[2]
Dan, di ayat yang disebutkan, di atas, kita membaca, bertakwalah kepada Allah sebagaimana yang menjadi hak-Nya.... Imam Shadiq as, dalam hal ini, berkata, “Ketakwaan yang benar adalah fakta bahwa Allah harus ditaati dan bukan untuk tidak ditaati; untuk diingat dan bukan untuk dilupakan dan bukan untuk disyukuri dengan tanpa terima kasih.”[3] Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa tahap dan langkah-langkah dalam ketakwaan.

BAB III

B.  Bagaimana bentuk kehormatan dan kemuliaan manusia serta  bentuk Takwanya kepada Allah SWT  ?
QS. Ali Isra ayat 70
تَفْضِيلًا خَلَقْنَا مِّمَّنْ كَثِيرٍ عَلَىٰ وَفَضَّلْنَاهُمْ الطَّيِّبَاتِ مِّنَ زَقْنَاهُم وَرَ وَالْبَحْرِالْبَرِّ فِي وَحَمَلْنَاهُمْ آدَمَ بَنِي كَرَّمْنَا وَلَقَدْ

Kami telah memberi kehormatan kepada anak-anak Adam, Kami lengkapi mereka dengan sarana angkutan di darat dan dilaut; Kami beri mereka rezeki dari segala yang baik, dan Kami utamakan mereka melebihi sebagian besar makhluk yang Kami ciptakan[4]. Allah Ta’ala mengabarkan bahwa Dia telah memuliakan anak Adam karena Dia menciptakan mereka dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan sempurna, seperti firman-Nya yang terdapat dalam QS. At-Tiin: 4 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” . Maksudnya, diantara kesempurnaan tersebut ialah mampu berdiri tegak diatas kedua kakinya dan makan dengan kedua tangannya. Sedangkan binatang yang lainnya, Allah jadikan berjalan dengan empat kakinya dan makan langsung dengan mulutnya. Selain itu, Allah juga menjadikan untuk manusia indera pendengaran, penglihatan dan hati, sehingga ia dapat memahami, memanfaatkan dan membedakan segala sesuatu, yang baik maupun yang buruk, yang berhubungan dengan agama maupun yang berkaitan dengan dunia.
            Diantara bentuk kemuliaan yang lain, (wahammalnaa hum filbarri) “Kami angkut mereka di daratan” di atas hewan tunggangan, seperti kuda dan baghal[5],(walbahri)”Dan di lautan, yakni di atas kapal besar maupun perahu kecil, (warazaqnaa hum minattayyibaati) “Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik” seperti; tanaman-tanaman, buah-buahan, daging, susu, dan segala macam pangan lainnya yang lezat dan menggiurkan. Dia mengaruniakan pemandangan-pemandangan yang indah, pakain dan perhiasan yang mahal dengan segala macam model dan warna, baik hasil karya tangan mereka sendiri, maupun yang diimpor dari negeri lain. (wafaddalnaa hum ‘ala katsirimmimman khalaqnaa tafdiilaa) “Dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk(lain) yang telah kami ciptakan. “Maksudnya, manusia itu Kami lebihkan dari seluruh binatang dan makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Ayat ini pun dijadikan dalil bahwa bangsa manusia lebih baik daripada bangsa Malaikat.
QS. Al-Imran ayat 102
مُّسْلِمُوْنَ وَأَنْتُمْ إِلَّا تَمُوْتُنَّ وَلَا تُقَاتِهِ،  حَقَّ اللهَ اتَّقُوْا امَنُوا ينَ الَّـذِ يَـآءَيُّها

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya. Janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.
Inila pilar tempat tegaknya kaum muslimin yang dengan ini mereka dapat menunaikan peranannya yang berat dan besar. Apabila roboh maka di sana sudah tidak ada kaum muslimin, hingga perananya tidak dapat ditunaikan.
Pilar iman dan takwa hingga wafat menghadap Allah yang Maha Luhur. Takwa yang kekal dan sadar, yang tak pernah terlupakan dan tak pernah loyo sedikit pun selama hidup hingga tiba ajal,
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya.”
Bertakwalah kepada Allah karena memang sudah menjadi hak-Nya agar manusia bertakwa kepada-Nya. Takwa tidak terbatas waktunya hingga menimbulkan keinginan dalam hati untuk berusaha mencapainya dalam waktu tertentu itu, sebagaimana yang digambarkan dan dibayangkan orang. Apabila hati sudah memasuki jalan takwa, maka akan terbukalah baginya cakrawala yang luas dan akan timbullah kerinduan-kerinduan. Semakin dekat seseorang dengan ketakwaannya kepada Allah, maka akan semakin kuatlah kerinduan kepada kedudukan tertinggi yang dapat dicapainya dan ketingkatan setelahnya. Maka, akan sampailah hatinya ke maqam(posisi) kesadaran hingga tidak tidur dan terlena lagi.
janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalm keadaan beragama Islam.”
Kematian adalah urusan gaib yang manusia tidak tahu kapan terjadi pada dirinya. Barang siapa yng ingin mati sebagai seorang muslim, maka jalannya ialah sejak awal ia harus menjadi dan setiap saat haruslah sebagai orang muslim. Disebutkannya Islam sesudah takwa mengandung makna yang luas. Yakni, tunduk, menyerahkan diri kepada Allah, taat kepada-Nya, mengikuti manhaj-Nya dan berhukum kepada kitab-Nya. Inilah makna yang ditetapkan oleh surah ini secara keseluruhan dan pada semua tempatnya, sebaimana yang kami kemukakan.

BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari uraian diatas tentang Qs. Al-Isra’ ayat 70 dan Qs. Al-Imran ayat 102 dapat Kami berikan kesimpulan bahwa surah Al-Isra’ ayat 70 berisi tentang keistimewaan dan kemuliaan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah. Dimana dalam penciptaannya, manusia dikaruniai akal, rupa yang indah, tubuh yang serasi dan lain sebagainya.
Kemudian Qs. Ali-Imran ayat 102 sesungguhnya kita sebagai umat manusiasangat memerlukan pendidikan dan pengajaran demi mencapai hidup yang jauh lebih baik. Untuk mencapai hal-hal tersebut perlu kita bangkitkan rasa semangat dan dorongan untuk tetap senantiasa berusaha, maju dan istiqomah dalam menjalankan visi dan misi hidup kita. Tak lupa pula, senantiasalah beriman dan bertakwa hanya kepada Allah SWT. Agar hidup kita penuh ridho dan berkah serta apa yang kita lakukan bermanfaat dan lebih ke arah positif.
Sebagai hamba Rasulullah SAW, kita perlu mengikuti jejak-Nya serta melakukan apa yang diajarkan dan menjauhi apa saja yang dilarang-Nya. Karena sesungguhnya akhlak seseorang hanya tergantung pada apa yang dilakukannya. Jika kebaikan yang dia lakukan berarti baik pula akhlaknya, begitu pula sebaliknya jika kejahatan yang dia lakukan maka jahat pula akhlaknya.
Kesimpulan terakhir dari uraian diatas bahwa saya mengajak kepada saudaraku sekalian bahwa senantiasalah percaya diri dalam beriman dan bertakwa agar apa yang kita lakukan di dunia ini tidak sia-sia dan kepada orang yang senantiasa berlaku baik telah Allah janjikan tempat yang baik bagi-Nya di akhirat kelak.

B.     Saran
Ada beberapa saran dalam penulisan Makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Setiap hari kita harus meningkatkan diri menuju tingkatan yang lebih tinggi.
2.      Sekedar keimanan saja tidak cukup, tetapi tetap beriman merupakan syarat wajib. Permulaan tidak begitu penting sedangkan tahap akhirnya lebih penting.
3.      Islam bukan hanya mengajarkan bagaimana untuk hidup, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara untuk mati.
4.      Ketakwaan adalah kunci satu-satunya bagi kebaikan nasib











DAFTAR PUSTAKA

v  Imani, Alamah Kamal Faqih. 2003. Tafsir Nurul Quran (jilid 3). Jakarta:Al-Huda.
v  Ali, Abdullah Yusuf. 1993. Quran Terjemahan dan Tafsirnya. Jakarta:Pustaka Firdaus.
v  Shihab, M. Quraish. 2000. Al Misbah: pesan, kesan dan keserasian Al-Quran. Jakarta. Lentera Hati.
v  Quthb, Sayyid. 2001. Tafsir Fi Zhilali Quran jilid 2. Jakarta: Darusy-Syuruq, Beruit.
v  Al-Mubarakfuri, Syaikh Shafiyyurrahman. Al Mishbaahul Muniir Fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsir jilid 5. Jakarta: Pustaka.



[1] QS. Thaha:114
[2]Shahifah Sajjadiyyah, Makarimul Akhlaq, oleh Imam Sajjadn as
[3]Biharul Anwar Jilid 70, h. 292
[4]ABDULLAH YUSUF ALI, QUR’AN TERJEMAHAN DAN TAFSIRNYA, CET. 1. JUZ I s/d XV, JAKARTA : PUSTAKA FIRDAUS, 1993 Hlm 714. Martabat dan kehormatan yang dianugerahkan Allah kepada manusia dipaparkan kembali untuk memperkuat adanya kewajiban dan tanggung jawab manusia yang seimbang. Dia diberi kedudukan melebihi makhluk hewan; ia dianugerahi bakat, sehingga dengan demikian ia dapat mengangkut dirinya sendiri dari tempat ke tempat yang lain, melalui darat, laut, dan sekarang dengan udara. Segala sarana untuk mendapatkan rezeki serta pertumbuhan setiap bagian kodratnya disediakan oleh Allah; dan segala kemampuan rohaninya (anugerah Tuhan yang terbesar) dapat mengangkat martabatnya melebihi sebagian besar makhluk Allah. Kalau begitu, belum jugakah ia dapat memahami tujuannya yang mulia dan karenanya harus bersiap-siap menghadapi hidup yang sebenarnya di akhirat kelak ?
[5][Keturunan dari hasil persilangan antara kuda (jantan) dengan keledai (betina)].

1 komentar:

  1. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA SAUWDARA2 PARA PECINTA TOGEL.BAHWA.HALL YANG TIDAK PERNAH TERBAYANGKAN KINI MENJADI KENYATAAN.DENGAN KELUARGA SAYA.UNTUK (MBAH,SIGIT ) KAMI UCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH.KARNA BERKAT BANTUANG ( MBAH,SIGIT ) ALHAMDULILLAH SAYA.BISA LEPAS DARI SEGALA HUTANG2.KARNA ANGKA GHAIB.HASIL RITUAL ( MBAH,SIGIT ) YANG DIA BERIKAN KEPADA SAYA YAITU.4D (0228) BENAR2 TERBUKTI 100% TEMBUS DAN SAYA MEMENANGKAN.49juta.ALLHAMDULILLAH SAYA BISA MELUNASI SEMUA HUTANG2 SAYA.DAN KAMI JUGA SUDA MEMBUKA USAHA KECIL KECILAN..INI SEMUA BERKAT BANTUANG ( MBAH,SIGIT ) WALAUPUN INI SEMUA SANGAT SEDERHANA.KAMI TETAP MENSUKURI SEMUA NYA.KAMI TIDAK MENYANGKA ( MBAH,SIGIT ) TELAH MERUBAH NASIB.KAMI HANYA SEKEJAP.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA INGIN MENDAPATKAN ANGKA GHAIB HASIL RITUAL( MBAH,SIGIT ) YANG DI JAMIN 100% TEMBUS.SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG ( MBAH,SIGIT ) DI GUNUNG UWENTIRA.DI NOMOR(_0_8_5_3_2_2_9_0_3_8_8_9_) JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHAIB YANG DI BERIKAN ( MBAH,SIGIT ) DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA,TERIMAH KASIH wassalam.…

    BalasHapus