Minggu, 24 Maret 2013

Jenis-jenis elastisitas permintaan


1.       *Jenis-jenis elastisitas permintaan:
a)       Permintaan elastis : apabila perubahan  jumlah barang yang diminta sangat dipengaruhi oleh perubahan harga barang tersebut.
b)      Permintaan in elastis : apabila persentase perubahan harga mengakibatkan perubahan kenaikan jumlah barang yang diminta lebih kecil.
c)       Permintaan elastis uniter : apabila persentase perubahan jumlah barang yang diminta sebanding dengan persentase perubahan harga.
d)      permintaan elastis sempurna :  apabila pada tingkat harga tertentu jumlah barang yang diminta menjadi tidak terbatas
e)       permintaan tidak elastis sempurna : apabila naik turunnya harga tak mempunyai pengaruh terhadap jumlah barang yang diminta.
*Jenis-jenis elastisitas penawaran:
a)       Penawaran elastis : apabila kenaikan harga sebesar 1% akan menyebabkan kenaikan jumlah penawaran lebih dari 1%
b)      Penawaran in elastic : apabila kenaikan harga sebesar 1% akan menyebabkan kenaikan penawaran kurang dari 1% atau negatif
c)       Penawraan elastis uniter : apabila persentase perubahan jumlah barang yang ditawarkan sebanding dengan persentase perubahan jumlah harga.
d)      penawaranelastis sempurna :  apabila pada tingkat harga tertentu jumlah barang yang ditawarkan  menjadi tidak terbatas
e)       penawaran tidak elastis sempurna : apabila naik turunnya harga tak mempunyai pengaruh terhadap jumlah barang yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar