Minggu, 24 Maret 2013

manfaat elastisitas dan fungsi elastisitas


1.       –Kurva elastisitas permintaan adalah kurva yang menghubungkan titik-titik yang menunjukkan hubungan antara berbagai jumlah barang yang diminta konsumen pada berbagai tingkat barang itu sendiri.

*Kurva elastisitas permintaan
- Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang yang ditawarkan.

*Kurva elastisitas penawaran
 

2.       Manfaat elastisitas permintaan dan penawaran adalah
-Sebagai landasan dalam menyusun penjualan suatu perusaahaan jika diketahui sifat responsif permintaan terhadap produksi (penawaran) perusahaan maka perusahaan dapat menentukan apakah untuk menaikkan hasil penjualannya perlu menaikkan produksi atau tidak.
- sebagai alat pemerintah untuk mengetahui dari sifat barang (eksport dan import) dapat disusun suatu kebijakan ekonomi yang akan dilaksanakan.
3.       -Fungsi elastisitas  permintaan dan penawaran adalah elastisitas jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan karena terjadinya perubahan salah satu faktor yang mempengaruhinya atau untuk menyusun daftar permintaan dan penawaran pada berbagai kemungkinan tingkat harga
*fungsi permintaan dapat ditulis dengan : Q = f (P, M), di mana Q adalah jumlah yang diminta, P adalah harga, dan M adalah pendapatan. Dengan mengasumsikan P adalah konstan, maka berdasarkan fungsi permintaan tersebut jumlah yang diminta dipengaruhi secara langsung oleh pendapatan.
* Fungsi penawaran dapat ditulis dengan : Q = aP – b atau P = atau P =
4.       Tujuan elaastisias permintaan dan penawaran adalah untuk mengetahui seberapa besar kepekaan perubahan jumlah barang / jasa yang diminta dan yang ditawarkan sebagai akibat dari adanya perubahan harga barang / jasa tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar