Senin, 08 April 2013

Klasifikasi UDC (Universal Decimal Classification)


Klasifikasi UDC (Universal Decimal Classification).
Klasifikasi Desimal Universal (UDC) adalah klasifikasi bibliografi dan perpustakaan yang dikembangkan oleh Paul bibliographers Belgia otlet dan Henri La Fontaine pada akhir abad ke-19.UDC menyediakan susunan sistematis dari semua cabang pengetahuan manusia diatur sebagai sistem yang koheren di mana bidang pengetahuan yang terkait dan saling terkait.
Awalnya didasarkan pada Klasifikasi Desimal Dewey, UDC ini dikembangkan sebagai sistem analytico-sintetik klasifikasi baru dengan kosakata secara signifikan lebih besar dan sintaks yang memungkinkan pengindeksan konten yang sangat rinci dan pengambilan informasi dalam koleksi besar. Dalam edisi pertama pada tahun 1905, UDC sudah termasuk banyak fitur yang revolusioner dalam konteks klasifikasi pengetahuan: tabel umum yang berlaku (aspek-gratis) konsep - disebut tabel tambahan umum, serangkaian tabel tambahan khusus dengan spesifik tapi re- digunakan atribut dalam bidang tertentu pengetahuan, sistem notasi ekspresif dengan menghubungkan simbol dan aturan sintaks untuk memungkinkan koordinasi mata pelajaran dan penciptaan bahasa dokumentasi yang tepat. Meskipun awalnya dirancang sebagai pengindeksan dan sistem pencarian, karena struktur logis dan skalabilitas, UDC telah menjadi salah satu sistem pengetahuan yang paling banyak digunakan organisasi di perpustakaan, di mana ia digunakan baik untuk pengaturan rak, pengindeksan konten atau keduanya. Kode UDC dapat menggambarkan setiap jenis dokumen atau objek ke tingkat yang diinginkan detail. Ini dapat termasuk dokumen tekstual dan media lain seperti film, rekaman video dan suara, ilustrasi, peta serta realia seperti museum benda.
Sejak edisi pertama dalam bahasa Perancis "du repertoar Manuel bibliographique Universel" (1905), UDC telah diterjemahkan dan diterbitkan dalam berbagai edisi dalam 40 bahasa [1] Ringkasan UDC., [2] versi Web singkat dari skema yang tersedia di lebih dari 45 bahasa. Klasifikasi telah dimodifikasi dan diperpanjang selama bertahun-tahun untuk mengatasi peningkatan output di semua bidang pengetahuan manusia, dan masih dikaji terus menerus untuk mempertimbangkan perkembangan baru. [3]
UDC sebenarnya merupakan perluasan dari klasifikasi DDC. Pertama kali diterbitkan pada 1905 dengan nama Classification Decimal yang dikembangkan oleh FID (Federation International Documentation). UDC pembentukan notasinya menggunakan satu angka atau lebih.Klasifikasi ini mempunyai tabel tambahan yang berfungsi untuk menyatakan adanya hubungan antar subyek satu dengan lainnya atau dengan aspek-aspek tertentu yang ada dalam pokok persoalan.
Pada Bagan/Tabel Utama ini didaftrar sepuluh kelas ilmu pengetahuan.Masing-masing kelas tersebut kemudian dibagi ke dalam sepuluh bagian lagi, demikian dan seterusnya.
Adapun kelas utama dari UDC adalah sebagai berikut : 
• 0 Umum
• 1 Filsafat dan Psikologi
• 2 Agama, Teologi
• 3 Ilmu Sosial
• 4 Kosong (tidak digunakan)
• 5 Ilmu Alam
• 6 Teknologi
• 7 Seni
• 8 Bahasa, linguistik dan susastera 
• 9 Geografi, Biografi dan Sejarah 
Tabel Pembantu
Ada sepuluh tabel pembantu dalam UDC. Tabel ini tidak bisa digunakan sendiri, dan harus digabungkan dengan nomor-nomor utama UDC sesuai dengan keperluan. Tabel-tabel tersebut adalah sebagai berikut: 
1. Tanda perluasan dan penjumlahan + dan / 
2. Tanda berhubungan atau berkaitan : 
3. Pembantu umum bahasa = 
4. Pembantu umum bentuk (penyajian) (0...) 
5. Pembantu umum tempat (1/9) 
6. Pembantu umum ras, suku bangsa (=...) 
7. Pembantu umum waktu "..." 
8. Spesifikasi nomor non-UDC dan alfabetis A/Z, I, II, III, dst. 19 
9. Pembantu umum sudut pandang .00... 
Subdivisi pembantu khusus -0/-9 .0..dan '..
+ plus tambahan contoh. 59+636 Zoologi dan peternakan
/ garismiring perluasan contoh 592/599 Zoologi sistematik
(mencakup semua kelas dari 592 sampai 599)
: Titikdua hubungan Contoh 17:7 Relation of hubungan etika dan seni
[] kurungsiku Aljabar dan pengelompokan Contoh 31:[622+669](485) Statistik pertambangan dan metalurgi di Swedia (622+669 dianggap satu kesatuan)
= Samadengan bahasa Contoh =20 di Inggeris ; 59=20 Zoologi di Inggeris
Indeks Subyek Aflabetis
Untuk membantu pemakai dalam menggunakan bagan klasifikasi ini, dalam UDC dimuat juga Indeks subyek alfabetis yang memungkinkan pemakai menelusur subyek-subyek melalui indeks tersebut sehingga subyek yang dicari mudah ditemukan.
Indeks subyek terdiri dari subyek-subyek verbal dalam bahasa Inggris disertai notasi kelasnya, disusun berdasarkan abjad dan mengacun kepada nomor kelas pada bagan utama.Fungsinya untuk menunjukkan notasi kelas dari suatu subyek dalam tabel utama UDC.
Penerapan UDC
UDC digunakan dalam sekitar 150.000 perpustakaan di 130 negara [rujukan?]Dan dalam layanan bibliografi banyak yang membutuhkan pengindeksan konten rinci. Dalam sejumlah negara itu adalah sistem klasifikasi utama untuk pertukaran informasi dan digunakan dalam semua jenis perpustakaan: publik, sekolah, akademik dan perpustakaan khusus [4].
UDC juga digunakan dalam bibliografi nasional sekitar 30 negara. Contoh database besar diindeks oleh UDC meliputi:
NEBIS (Jaringan Perpustakaan dan Pusat Informasi di Swiss) - 2,6 juta catatan [5]
COBIB.SI (Slovenia National Union Catalogue) - 3,5 juta catatan [6]
Hungarian National Union Catalogue (MOKKA) - 2,9 juta catatan [7]
VINITI RAS database (All-Rusia Ilmiah dan Informasi Teknis Institute of Russian Academy of Science) dengan 28 juta catatan [8]
Meteorologi & Abstrak Geoastrophysical (MGA) dengan 600 judul jurnal [9]
PORBASE (Portugis Nasional Bibliografi) dengan 1,5 juta catatan [10]
UDC secara tradisional telah digunakan untuk pengindeksan artikel ilmiah yang merupakan sumber informasi yang penting output ilmiah dalam periode mendahului penerbitan elektronik. Koleksi artikel penelitian di banyak negara meliputi dekade output ilmiah berisi kode UDC. Contoh artikel jurnal diindeks oleh UDC:
UDC kode 663.12:57.06 dalam "Sistematika Yeast: dari Fenotip ke Genotipe" artikel di jurnal Teknologi Pangan dan Bioteknologi (ISSN: 1330-9862) [11]
UDC kode 37.037:796.56, disediakan dalam artikel "Metode permainan sebagai sarana antarmuka persiapan teknis-taktis dan psikologis dalam olahraga orienteering" dalam jurnal Rusia "masalah Pedagogico-psikologis dan medis-biologis dari budaya fisik dan olahraga" ( ISSN 2070-4798) [12].
UDC kode 621.715:621.924:539.3 dalam Stres artikel Sisa Shot-peened Lembar Paduan AIMg4.5Mn -. Dalam Bahan jurnal dan teknologi (ISSN 1580-2949) [13]
Desain UDC cocok untuk dibaca mesin, dan sistem telah digunakan baik dengan awal perangkat penyortiran otomatis mekanik, dan OPACs perpustakaan modern. Dari tahun 1993, versi standar UDC dipertahankan dan didistribusikan dalam format database: UDC Guru Referensi Berkas (UDC MRF) yang diperbarui dan dirilis setiap tahun. Versi 2010 dari MRF (dirilis pada 2011) berisi lebih dari 69.000 kelas.Dalam edisi terakhir dicetak lengkap yang digunakan untuk memiliki sekitar 220.000 subdivisi. [14]
Simbol + pada UDC berfungsi untuk menggabungkan dua subyek.
Misal pertanian dan ekonomi adalah 63 + 33
Simbol : (tanda titik dua) menunjukan aspek dari subyek tersebut.
Misal politik ekonomi adalah 32 : 33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar