A.
STRUKTUR PASAR
1. Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual
dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
2. Bentuk
Pasar:
a) Pasar
persaingan sempurna yaitu suatu pasar yang terdapat begitu banyak penjual dan pembeli sehingga
diantara keduanya tidak dapat saling memengaruhi harga pasar, harga kesepakatan
yang ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran suatu barang.
b) Pasar
persaingan tidak sempurana yaitu suatu pasar yang disebabkan oleh terbatasnya
jumlah penjual dan pembeli .
-
Menurut banyaknya pembeli
a) Pasar
monopoli yaitu pasar yang hanya ada satu penjual /produsen untuk satu macam
barang dan jasa.
b) Pasar
monopolistik yaitu pasar yang didalamnya terdapat persaingan antara
pedagang/produsen yang melakukan monopoli
c) Pasar
oligopoli yaitu suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa
produsen atau penjual dalam satu wilayah area.
d) Pasar duopoli yaitu pasar yang memiliki
karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
f) Pasar oligopsoni
yaitu bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan
banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
3. Fungsi
pasar :
*tempat
mengadakan jual beli dengan-produk yang di perjualbelikan.
*memperlancar
penyaluran barang-barang dari produsen pada konsumen.
*tempat
promosi bagi produsen.
*tempat
untuk menentukan harga.
4. Manfaat
Pasar yaitu:
a) Memperoleh bunga bagi pemegang
obligasi.
b) Dapat dengan mudah mengganti instrumen
investasi.
c) Mendapatkan dana yang lebih besar.
d) Perusahaan dapat lebih fleksibel dalam
mengolah dana
e) Besar kecilnya deviden tergantung besar
kecilnya keuntungan.
f) Membantu pemerintah dalam mendorong
perkembangan pembangunan, kegiatan investasi, menciptakan kesempatan kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar