Minggu, 24 Maret 2013

stuktur pasar


A.   STRUKTUR PASAR
1.    Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
2.    Bentuk Pasar:
a)    Pasar persaingan sempurna yaitu suatu pasar yang terdapat  begitu banyak penjual dan pembeli sehingga diantara keduanya tidak dapat saling memengaruhi harga pasar, harga kesepakatan yang ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran suatu barang.
b)    Pasar persaingan tidak sempurana yaitu suatu pasar yang disebabkan oleh terbatasnya jumlah penjual dan pembeli .
-          Menurut banyaknya pembeli
a)    Pasar monopoli yaitu pasar yang hanya ada satu penjual /produsen untuk satu macam barang dan jasa.
b)    Pasar monopolistik yaitu pasar yang didalamnya terdapat persaingan antara pedagang/produsen yang melakukan monopoli
c)    Pasar oligopoli yaitu suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area.
d)    Pasar duopoli yaitu pasar yang memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
e)    Pasar monopsoni yaitu  jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
f)     Pasar oligopsoni yaitu bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
3.    Fungsi pasar :
*tempat mengadakan jual beli dengan-produk yang di perjualbelikan.
*memperlancar penyaluran barang-barang dari produsen pada konsumen.
*tempat promosi bagi produsen.
*tempat untuk menentukan harga.
4.    Manfaat Pasar yaitu:
a)    Memperoleh bunga bagi pemegang obligasi.
b)    Dapat dengan mudah mengganti instrumen investasi.
c)    Mendapatkan dana yang lebih besar.
d)    Perusahaan dapat lebih fleksibel dalam mengolah dana
e)    Besar kecilnya deviden tergantung besar kecilnya keuntungan.
f)     Membantu pemerintah dalam mendorong perkembangan pembangunan, kegiatan investasi, menciptakan kesempatan kerja
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar