Senin, 25 Maret 2013

PENGANGGURAN


*PENGANGGURAN*
1.       Pengangguran adalah adalah golongan angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan atau mencari pekerjaan, mempersiapkan suatu usaha baru.
2.       Jenis-jenis pengangguran :
*Menurut sebab terjadinya :
-Pengangguran siklis/konjungtur adalah pengangguran yang disebabkan oleh siklus ekonomi atau merosotnya kegiatan perekonomian.
- Pengangguran struktural adalah pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan struktur ekonomi dan corak ekonomi dalam jangka panjang.
-Pengangguran teknologi adalah pengangguran yang disebabkan adanya perubahan atau kemajuan teknologi dalam berproduksi.
-Pengangguran friksional adalah pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu.
-Pengangguran musiman adalah pengangguran yang disebabkan adanya pergantian atau perubahan musim.
-Pengangguran deflasioner adalah pengangguran yang disebabkan karena lowongan pekerjaan tidak cukup untuk menampung pencari kerja.
-Pengangguran voluntary/sukarela adalah pengangguran yang disebabkan adanya orang yang sebenarnya masih dapat bekerja tetapi dengan sukarela tidak bekerja, sebab ia memperoleh penghasilan dari harta/kekayaan mereka.
* Menurut Sifatnya :
-Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan.
-Setengah menganggur adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan.
-Pengangguran terselubung adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.
3.       Cara mengatasi pengangguran dalam peran pemerintah adalah dengan cara membuka proyek-proyek umum oleh pemerintah, seperti pembangunan jembatan, jalan raya, PLTA, PLTU, dan lain-lain. Sehingga bisa menyerap tenaga kerja secara langsug maupun untuk merangsang investasi baru dari kalangan swasta. Tujuan pemerintah dalam mengatasi pengangguran yaitu untuk menyediakan lowongan pekerjaan baru, meningkatkan taraf kemakmuran masyarakat memperbaiki kesamarataan pembagian pendapatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar