Senin, 08 April 2013

Bliss Bibliography classification


Bliss Bibliography classification

The bibliografi Bliss klasifikasi (BC) adalah klasifikasi perpustakaan sistem yang diciptakan oleh Bliss E. Henry (1870-1955), diterbitkan dalam empat jilid antara tahun 1940 dan 1953.Meskipun awalnya dirancang di Amerika Serikat, itu lebih sering diadopsi oleh perpustakaan Inggris daripada orang-orang Amerika.Edisi kedua dari sistem (BC2) telah dikembangkan di Inggris sejak tahun 1977.
Bliss lahir di New York pada tahun 1870 dan pada tahun 1891 mulai bekerja di perpustakaan dari College of the City of New York (sekarang City College dari City University of New York).
Bliss memiliki minat seumur hidup dalam struktur, organisasi dan filsafat ilmu pengetahuan dan sangat kritis terhadap sistem klasifikasi perpustakaan yang tersedia baginya. Dia percaya bahwa karena Perpustakaan populer sistem Kongres telah dirancang untuk perpustakaan tertentu (Library of Congress) itu tidak ada gunanya sebagai sistem standar luar perpustakaan.Dia juga sangat menyukai sistem Desimal Dewey.
Bliss menginginkan sebuah sistem klasifikasi yang akan memberikan aturan yang berbeda namun masih dapat disesuaikan dengan apa pun jenis koleksi perpustakaan mungkin memiliki, sebagai perpustakaan yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda. Solusinya adalah konsep "lokasi alternatif," di mana subjek tertentu dapat dimasukkan ke dalam lebih dari satu tempat, asalkan perpustakaan membuat pilihan tertentu dan menggunakannya secara konsisten.
Pada tahun 1908 Bliss direklasifikasi 60.000 buku perpustakaannya, dan pada tahun 1910 ia menerbitkan sebuah artikel dengan skema kasar ide-ide umum nya. Tapi saat ia terus mengembangkan sistem dia menyadari bahwa itu akan menjadi proyek yang jauh lebih besar daripada yang telah diantisipasi. Yang pertama dari empat volume muncul pada tahun 1940 (tahun ia pensiun) dan yang terakhir pada tahun 1953, dua tahun sebelum kematiannya.



Beberapa kebijakan yang mendasari dari sistem SM adalah:
·         Alternatif lokasi
·         Notasi singkat, ringkas
·         Mengorganisir pengetahuan sesuai dengan keahlian akademik
·         Subyek bergerak secara bertahap dari satu topik ke topik yang mereka alami terkait satu sama lain.
Bliss classification tidak digunakan oleh banyak perpustakaan di Amerika Utara. Sistem ini bukan tanpa flaws [tidak jelas] (hasil yang sebagian besar merupakan proyek satu orang), dan tata letak teks Bliss adalah sulit untuk dibaca. Sebuah sekolah perpustakaan Beberapa terkadang mengajarkan sistem SM kepada siswa mereka, tetapi hanya dalam cara yang kecil. Kegagalan sistem untuk menangkap di Amerika Utara adalah sebagian karena kekurangan internal tetapi juga karena Desimal Dewey dan Perpustakaan Kongres sistem sudah mapan.
Perpustakaan City College terus menggunakan sistem Malcolm sampai 1967, ketika enggan beralih ke Perpustakaan Kongres sistem.Ini telah menjadi terlalu mahal untuk melatih anggota staf baru untuk menggunakan SM, dan terlalu mahal untuk menjaga secara umum.Sebagian besar tumpukan Bliss tetap, bagaimanapun, karena tidak ada satu-telah recatalogued buku.
Kasus ini berbeda, namun, di Inggris. SM terbukti lebih populer di sana dan juga menyebar ke negara berbahasa Inggris. Bagian dari alasan keberhasilannya adalah bahwa perpustakaan di perguruan tinggi guru menyukai cara Bliss telah menyelenggarakan bidang studi pada pengajaran dan pendidikan. Pada pertengahan 1950-an sistem sedang digunakan dalam setidaknya enam puluh perpustakaan Inggris dan dalam seratus oleh 1970-an.
Pada tahun 1967 Asosiasi Klasifikasi Bliss dibentuk.Publikasi pertama adalah Klasifikasi Bliss Ringkas (ABC), yang ditujukan untuk perpustakaan sekolah. Pada tahun 1977 ia mulai menerbitkan dan mempertahankan jauh lebih baik, versi revisi dari sistem Bliss, para bibliografi Bliss Klasifikasi (Second Edition) atau BC2. Ini mempertahankan hanya garis besar skema Bliss, menggantikan sebagian besar notasi rinci dengan skema baru berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi faceted.15 dari sekitar 28 jilid jadwal sejauh ini telah diterbitkan.
[Sunting] Klasifikasi

Organisasi tingkat atas adalah:
2/9 - Generalia, Fenomena, Pengetahuan, Informasi ilmu pengetahuan & teknologi
A AL / - Filsafat & Logika
AM / AX - Matematika, Probabilitas, Statistik
AY / B - General ilmu pengetahuan, Fisika
C - Kimia
D - Astronomi dan ilmu bumi
DG / DY - ilmu bumi
E / GQ - Biologi ilmu
GR / GZ - Terapan ilmu biologi: pertanian dan ekologi
H - Physical Anthropology, biologi manusia, ilmu Kesehatan
I - Psikologi & Psikiatri
J - Pendidikan
K - Masyarakat (termasuk Sosial ilmu, sosiologi & antropologi sosial)
L / O - Sejarah (termasuk studi kawasan, perjalanan dan topografi, dan biografi)
LA - Arkeologi
P - Agama, Occult, Moral dan etika
Q - Kesejahteraan Sosial & Kriminologi
R - Politik & Pemerintahan Umum
S - Hukum
T - Ekonomi & Manajemen perusahaan ekonomi
U / V - Teknologi dan berguna seni (termasuk manajemen rumah tangga dan jasa)
W - The Arts
WV / WX - Musik
X / Y - Bahasa dan sastra
ZA / ZW - Museologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar